oleh

Tidur Miring Kiri Apakah Menekan Jantung?

-Tips Sehat-120 Dilihat

Tidur adalah kebutuhan manusia guna mengistirahatkan tubuh. Dengan tidur yang berkualitas seseorang bisa memiliki kesehatan dan produktifitas yang baik.

Lantas, posisi tidur miring ke kiri apakah menekan jantung ?

Posisi Jantung Dalam Tubuh

Secara anatomis jantung, paru-paru dan berbagai organ sekitarnya dilindungi tulang rusuk. Jika organ tubuh jantung dilindungi tulang rusuk, apakah tidur miring ke kiri atau ke kanan tidak akan mempengaruhi jantung ?

Dilansir Hker.life, Shi Haifeng, Direktur Department Kardiologi Rumah Sakit Beijing menyatakan bahwa ia telah merekomendasikan agar penderita penyakit jantung tidur miring ke kanan. Tidur miring ke kanan, menurut Shi Haifeng, memang lebih baik bagi sebagian besar penderita jantung daripada tidur miring ke kiri.

Hal ini, lanjut Shi Haifeng, karena sepertiga dari jantung manusia berada di sisi kanan dan dua pertiga berada di sebelah kiri. Ketika tidur menghadap kiri, sebagian besar jantung berada di bawah pusat gravitasi tubuh dan bersamaan dengan itu lebih banyak darah mengalir ke jantung di bawah tekanan gravitasi sehingga beban jantung lebih berat ketimbang tidur menghadap kanan.

Ajaran Islam juga menjelaskan masalah detil ini ; posisi tidur yang baik adalah miring ke kanan. Hal ini didasarkaan pada salah satu hadits Bukhari Muslim : “Jika engkau hendak menuju tempat tidurmu (untuk tidur), maka berwudhulah seperti engkau berwudhu untuk shalat, kemudian berbaringlahlah di rusukmu (bagian tubuhmu) sebelah kanan” (HR al-Bukhari dan Muslim). (PSP/Sbr)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.